Isi ajaran Ngelmu Sejati Cirebon tersusun dalam lima pokok, yaitu:
Sahadat Sejati
Ajaran dan kupasannya memakai bahasa Jawa Cirebon yang artinya kurang lebih
sebagai berikut:
“Waktu Gusti Rasulullah, Nabi Muhammad saw. akan meninggal dunia membisikkan ke
telinga kanan Sahabat Ali, demikian, “Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah dan
aku bersaksi bahwa Muhammad itu utusan Allah. Muhammad cahaya-Ku, Rasulullah
rasa-Ku, ya Allah, ya Muhammad, ya Aku.””
Shalat Sejati
Shalat adalah hubungan antara hamba dengan Tuhannya. Yang wajib ada lima, yaitu
terletak pada mata, telinga, hidung, mulut dan kubul (kemaluan). Jadi, shalat
sejati adalah shalat yang bisa menjaga lima hal tadi. Jika seseorang pandai
menjaga yang lima tersebut maka hidupnya akan selamat sampai ke tempat yang
dituju, yaitu Surga Sejati yang dirakit oleh Allah. Namun, jika ia tak pandai
menjaganya, maka ia akan tersesat ke dalam surga penasaran, tempat jin,
siluman, sileman dan berkasakan.
Shalat yang lima itu berpangkal pada shalat daim, alamatul hayat, waktu menarik
nafas insan harus menyebut Allah dan waktu menghembuskannya insan harus
menyebut Hu, demikian harus tetap (daim = kontinyu) tidak ada hentinya,
sehingga insan tahu di mana letak Allah, Tuhan Sejati.
Martabat Tujuh
Ajaran Ngelmu Sejati, manusia terdiri dari empat unsur, yaitu bumi (tanah),
air, api dan dingin, sehingga mewujudkan jasmaniah, yakni badan kasar. Dan yang
dimaksud martabat tujuh di sini adalah tahapan lahir manusia yang terproyeksi
ke dalam tujuh fase (martabat tujuh).
a. Alam Ahadiyat (alam azali abadi), adalah alam sebelum manusia lahir ke
dunia.
b. Alam Wahdat, alam kesatuan dari dua jenis.
c. Alam Wahdaniyat, alam Maha Tunggal. Kesatuan tidak ada selain daripada wujud
yang satu.
d. Alam Arwah, alam mulai ada tanda gerak hidup bayi kira-kira umur empat bulan
dalam kandungan ibu.
e. Alam Mitsal, adalah merupakan bentuk yang lebih lunak.
f. Alam Ajsam, yaitu sudah berbentuk manusia lengkap dengan tulang dan daging,
namun belum sempurna.
g. Alam Insan Kamil, bayi sudah dalam keadaan sempurna kira-kira umur sembilan
bulan di dalam kandungan ibunya, kemudian lahirlah dengan keadaan sempurna.
Tribahwana
Tribahwana artinya tiga buana (dunia), yaitu tiga jagat alam besar. Dalam
Primbon Ngelmu Sejati disebut demikian:
“Sebelum aku tajalli (lahir ke dunia) lebih dulu membentuk tiga mahligai,
yaitu:
Baitul Makmur adanya di dalam kepala manusia. Di dalam kepala ada tempurung
kepala, di dalamnya ada otak atau akal, di dalamnya ada pikiran, di dalamnya
ada rasa, di dalamnya ada sir, di dalamnya ada Aku.
Baitul Muharam ada di dalam dada manusia, di dalamnya ada jantung, di dalamnya
ada hati, di dalamnya ada rasa, di dalamnya ada sir, di dalamnya ada Aku.
Baitul Muqaddas ada di dalam kemaluan manusia, di dalamnya ada biji kemaluan,
di dalamnya ada mani, di dalamnya ada meningkem, di dalamnya ada rasa, di
dalamnya ada Aku.
Dengan terbentuknya Tribahwana dapat diketahui Trimurti, artinya tiga senyawa
dan di sanalah insan mengetahui hakikat dari hidupnya sehingga ia menjadi
manusia sejati.”
Mi’raj (Belajar Mati)
Manusia di dunia kalau kembali ke tempat asal azali abadi harus melalui
sembilan pintu. Oleh karena itu, orang harus mengetahui tempat kembalinya, jika
tidak maka dapat mati berkumpul dengan jin, markayangan, binatang,
tumbuh-tumbuhan dan bisa juga mati masuk ke tempat batu-batu dan kayu-kayu atau
gunung-gunung. Maka dari itu, dalam ajaran ini ada latihan untuk mengetahui
tempat kemballi di kemudian hari sesudah mati. Latihan ini disebut Mi’raj atau
Meradan.
Mula-mula masuk pintu I, akan bertemu dengan cahaya hitam, yakni wahaning nafsu
lawwamah, seperti binatang. Tujuan hidupnya hanya kepada syahwat perut dan
birahi. Jika tidak waspada akan kelorop (tertipu) masuk (inkarnasi) menjadi
binatang ternak.
Pintu II akan bertemu cahaya merah, ialah wahaning nafsu amarah, yang ada di
dalam jin berkasakan. Pengaruhnya yang menguasai pendengaran. Jika tidak
waspada maka masuklah orang ke dalam alam jin.
Pintu III akan bertemu dengan cahaya hijau, ialah wahaning nafsu supiyah,
rasanya dingin, banyak tampak ikan air dan binatang laut. Tajallinya
penglihatan suka pada yang indah-indah, jika tidak awas orang akan terjerumus
masuk ke dalam alam binatang air dan laut.
Pintu IV akan tampak cahaya kuning, adalah wahaning nafsu mutmainnah, rasanya
tenang banyak burung berkicau, semua seolah-olah mengajak tinggal bersama.
Kalau tidak waspada orang akan terjeumus masuk ke dalam alam burung.
Pintu V, setelah dilalui akan tampak bianglala berwarna tujuh macam melambaikan
seolah-olah mengajak kita tinggal bersama. Jika tidak waspada maka akan tetap
tinggal dalam alam tumbuh-tumbuhan.
Pintu VI akan tampak cahaya putih terang terdengar seolah-olah suara halus dan
merdu mengajak tinggal bersama-sama. Jika tidak awas maka akan masuk alam malakut.
Pintu VII setelah dilalui akan terlihat cahay kuning keemas-emasan yang berasal
dari suatu kelompok benda seperti rumah lebah, sedap serta nyaman dipandang.
Itulah hakikat hati tempat berkumpul para ruh dan kalau berhenti maka tidak
akan sampai ke tempat sejati yang kita cari.
Pintu VIII terbuka luas dan mudah dimasuki. Tampak cahaya terang benderang,
rasa nikmat dan tenang yang tidak ada bandingannya. Inilah surga bagi mereka
yang bernuat baik di dunia, tetapi bukan surga sejati yang dituju.
Pintu IX ialah pintu penghabisan. Jika manusia dapat masuk ke sini maka ia akan
berjumpa dengan cahaya terang benderang yang tidak terbatas. Di sinilah surga
sejati yang dirakit oleh Tuhan yang sejati. Tempat azali abadi tdak ada
perbandingan dan persamaan, laisa kamitslihi syaiun.
0 komentar:
Posting Komentar